[KAMUS SAKTI] Penghapusan BMN Bersejarah

Kamus Sakti

Penghapusan BMN Bersejarah (604)

Menu ini disediakan untuk menginput Barang Milik Negara Bersejarah yang berkurang ditahun berjalan karena hancur tak berbentuk lagi atau hilang. Satker mencatat di menu ini apabila izin penghapusan telah disetujui oleh Pengelola Barang (DJKN/KPKNL).

Ilustrasi:
Bagian Purbakala menginformasikan bahwa sebuah relief kuno di Museum Sejarah telah hilang. Usaha pencarian telah dilakukan dan tetap dilakukan bekerja sama dengan Interpol. Pengajuan penghapusan dari catatan ke KPKNL telah disetujui.
Keterangan : transaksi di atas tidak membentuk jurnal
Pencatatan dan Pelaporan Barang Bersejarah dalam Laporan Keuangan hanya dilaporakan jumlah unit tiap jenis barang bersejarah di dalam Catatan Atas Laporan Keuangan. Barang bersejarah tidak dinilai dengan uang (rupiah) sehingga tidak ada jurnal yang terbentuk setelah dicatat dalam SIMAK-BMN.

Nama Menu
RUH >> Transaksi BMN Bersejarah >> Penghapusan

Deskripsi Menu
Menu perolehan untuk Barang Bersejarah digunakan untuk mencatat Barang Bersejarah yang telah memperoleh penetapan hukum sebagai barang bersejarah disebabkan kepentingan pelestarian budaya, lingkungan atau bersejarah sebelum tahun berjalan namun belum dilakukan pencatatan pada tahun tersebut sehingga baru dicatat pada tahun berjalan.
Transaksi ini tidak membentuk jurnal
Pencatatan dan Pelaporan Barang Bersejarah dalam Laporan Keuangan hanya dilaporkan jumlah unit tiap jenis barang bersejarah di dalam Catatan atas Laporan Keuangan. Barang Bersejarah tidak dinilai dengan uang (rupiah) sehingga tidak ada jurnal yang terbentuk setelah dicatat dalam Aplikasi SAKTI.

Modul dan transaksi yang terkait
-

Dokumen Sumber
Surat penetapan BMN Bersejarah

Validasi
-

Tata Cara Perekaman
- Pilih kodefikasi BMN dan jumlah BMN bersejarah
- Tanggal buku diisi sesuai dengan dokumen sumber atau pada periode bulan yang masih buka
- Tidak ada isian nilai BMN Bersejarah

Kriteria yang wajib diperhatikan
-

Jurnal yang Terbentuk
Tidak ada jurnal

Ilustrasi Transaksi
Bagian Purbakala menginformasikan bahwa sebuah relief kuno di Museum Sejarah telah hilang. Usaha pencarian telah dilakukan dan tetap dilakukan bekerjasama dengan Interpol. Pengajuan penghapusan dari catatan ke KPKNL telah disetujui.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar