[KAMUS SAKTI] Perolehan BMN Bersejarah

Kamus Sakti

Perolehan BMN Bersejarah (602)

Menu perolehan BMN Bersejarah digunakan untuk mencatat Barang Bersejarah yang telah memperoleh penetapan hukum sebagai barang bersejarah disebabkan kepentingan pelestarian budaya, lingkungan atau bersejarah pada tahun berjalan. Aset bersejarah harus disajikan dalam bentuk unit, misalnya jumlah unit koleksi yang dimiliki atau jumlah unit monumen, dalam Catatan atas Laporan Keuangan dengan tanpa nilai. Biaya untuk perolehan, konstruksi, peningkatan, rekonstruksi harus dibebankan dalam laporan operasional sebagai beban tahun terjadinya pengeluaran tersebut. Beban tersebut termasuk seluruh beban yang berlangsung untuk menjadikan aset bersejarah tersebut dalam kondisi dan lokasi yang ada pada periode berjalan.

Ilustrasi:
Terdapat penemuan 2 unit Arca Dwarapala di area situs Candi Penataran, Jawa Timur pada bulan Juni2020, dan terbit surat penetapannya sebagai Aset Bersejarah pada tanggal 10 Juni 2020. Aset tersebut dicatat oleh Satker Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto pada tanggal 20 Juni 2020.

Nama Menu
RUH >> Transaksi BMN Bersejarah >> Perolehan

Deskripsi Menu
Menu perolehan untuk Barang Bersejarah digunakan untuk mencatat Barang Bersejarah yang telah memperoleh penetapan hukum sebagai barang bersejarah disebabkan kepentingan pelestarian budaya, lingkungan atau bersejarah sebelum tahun berjalan namun belum dilakukan pencatatan pada tahun tersebut sehingga baru dicatat pada tahun berjalan.
Aset bersejarah harus disajikan dalam bentuk unit, misalnya jumlah unit koleksi yang dimiliki atau jumlah unit monumen, dalam Catatan atas Laporan Keuangan dengan tanpa nilai.
Biaya untuk perolehan, konstruksi, peningkatan, rekonstruksi harus dibebankan dalam laporan operasional sebagai beban tahun terjadinya pengeluaran tersebut. Beban tersebut termasuk seluruh beban yang berlangsung untuk menjadikan aset bersejarah tersebut dalam kondisi dan lokasi yang ada pada periode berjalan.

Modul dan transaksi yang terkait
-

Dokumen Sumber
Surat penetapan BMN Bersejarah

Validasi
-

Tata Cara Perekaman
- Pilih kodefikasi BMN dan jumlah BMN bersejarah
- Isikan Lokasi Fisik dengan lokasi dimana BMN Bersejarah itu berada
- Pilih tanggal perolehan yaitu isikan menggunakan tahun anggaran sebelum-sebelumnya
- Tanggal buku diisi sesuai dengan dokumen sumber atau pada periode bulan yang masih buka
- Tidak ada isian nilai BMN Bersejarah

Kriteria yang wajib diperhatikan
-

Jurnal yang Terbentuk
Tidak ada jurnal

Ilustrasi Transaksi
Terdapat penemuan 2 unit Arca Dwarapala di area situs Candi Penataran, Jawa Timur pada bulan Juni 2020, dan terbit surat penetapannya sebagai Aset Bersejarah pada tanggal 10 Juni 2020. Aset tersebut dicatat oleh Satker Balai Pelestarian Cagar Budaya Mojokerto pada tanggal 20 Juni 2020

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar