[Kamus SAKTI] Koreksi Pencatatan

Koreksi Pencatatan (305)

Menu ini digunakan untuk merekam penghapusan BMN yang disebabkan oleh kesalahan pencatatan kuantitas BMN pada perekaman sebelumnya. Contoh: kesalahan perekaman jumlah BMN yang dibeli yang seharusnya hanya 3 unit dicatat sebanyak 4 unit, sehingga NUP aset yang terakhir harus dilakukan koreksi pencatatan. Nilai Aset Tetap akan berkurang sebesar nilai buku aset bersangkutan.

Ilustrasi:
Operator MAT melakukan kesalahan perekaman yaitu seharusnya hanya 4 unit AC Split NUP 30-33, tetapi dicatat AC Split sebanyak 5 unit NUP 30-34, sehingga AC Split NUP 34 harus dilakukan koreksi pencatatan. Hal ini karena secara substansi AC Split NUP 34 memang seharusnya dan sebenarnya tidak ada.

Nama Menu
- RUH >> Transaksi BMN >> Penghapusan >> Koreksi Pencatatan

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk merekam penghapusan BMN yang disebabkan oleh kesalahan pencatatan kuantitas BMN pada perekaman sebelumnya.
Contoh: kesalahan perekaman jumlah BMN yang dibeli yang seharusnya hanya 3 unit tetapi dicatat sebanyak 4 unit, sehingga NUP aset yang terkhir harus dilakukan koreksi pencatatan.
Nilai Aset Tetap akan berkurang sebesar nilai buku aset bersangkutan

Modul dan transaksi yang terkait
-

Dokumen Sumber
Surat Keterangan Perbaikan Pencatatan Laporan BMN yang ditandatangani KPB

Validasi
-

Tata Cara Perekaman
- Pilih kode BMN dan NUP BMN yang salah dan akan dilakukan koreksi pencatatan
- Tanggal buku diisi sesuai dokumen sumber atau pada periode bulan yang masih buka

Kriteria yang wajib diperhatikan
-

Jurnal yang Terbentuk
(D) Koreksi Aset Tetap Non Revaluasi
(K) Aset Tetap
(D) Akumulasi Penyusutan
(K) Koreksi Aset Tetap Non-Revaluasi
(D) Akumulasi Penyusutan
(K) Beban Penyusutan

Ilustrasi Transaksi
Operator MAT melakukan kesalahan perekaman yaitu seharusnya hanya 4 unit AC Split NUP 30-33, tetapi dicatat AC Split sebanya 5 unit NUP 30-34, sehingga AC Split NUP 34 harus dilakukan koreksi pencatatan. Hal ini karena secara substansi AC Split NUP 34 memang seharusnya dan sebenarnya tidak ada.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar