[Kamus SAKTI] Reklasifikasi Keluar

Reklasifikasi Keluar (304)

Menu ini digunakan untuk merekam penghapusan BMN yang disebabkan oleh kesalahan klasifikasi BMN pada perekaman sebelumnya. Contoh penggunaan menu ini antara lain: kesalahan perekaman kodifikasi BMN yaitu operator salah merekam BMN sebagai Sepeda Motor, padahal seharusnya direkam sebagai Scooter. Atas kesalahan tersebut, maka dilakukan reklasifikasi keluar atas Sepeda Motor, lalu dilanjutkan dengan transaksi reklasifikasi masuk atas Scooter. Jadi, transaksi Reklasifikasi Keluar ini merupakan pasangan yang tidak terpisahkan dengan transaksi Reklasifikasi Masuk.

Ilustrasi:
Operator Modul Aset Tetap (MAT) terlanjur melakukan kesalahan perekaman kodifikasi BMN dan telah disetujui pendetailan BMN sebagai Sepeda Motor, padahal seharusnya memilih kodifikasi BMN sebagai Scooter. Atas kesalahan di atas, operator MAT membuat transaksi reklasifikasi keluar atas BMN Sepeda Motor. Setelah transaksi reklasifikasi keluar ini dilakukan persetujuan oleh approver, maka perlu dilanjutkan dengan melakukan perekaman transaksi reklasifikasi masuk dengan memilih jenis BMN yang seharusnya yaitu Scooter.

Nama Menu
- RUH >> Transaksi BMN >> Penghapusan >> Reklasifikasi Keluar

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk merekam penghapusan BMN yang disebabkan oleh kesalahan klasifikasi BMN pada perekaman sebelumnya.
Contoh penggunaan menu ini antara lain: kesalahan perekaman kodefikasi BMN yaitu operator salah merekam BMN sebagai Sepeda Motor, padahal seharusnya direkam sebagai Scooter. Atas kesalahan tersebut, maka dilakukan reklasifikasi keluar atas Sepeda Motor, lalu dilanjutkan dengan transaksi reklasifikasi masuk atas Scooter.
Jadi transaksi Reklasifikasi Keluar ini merupakan pasangan yang tidak terpisahkna dengan transaksi Reklasifikasi Masuk.

Modul dan transaksi yang terkait
Transaksi Reklasifikasi Keluar ini setelah dilakukan persetujuan oleh Approver, harus ditindaklanjuti dengan transaksi Reklasifikasi masuk dengan memilih kodefikasi BMN yang seharusnya

Dokumen Sumber
Surat Keterangan Perbaikan pencatatan Laporan Barang Milik Negara yang ditandatangani KPB

Validasi
- Total nilai bruto aset yang direklasifikasi masuk dengan yang direklasifikasi kelaur harus sama
- Transaksi Reklasifikasi Keluar dengan Reklasifikasi Masuk harus dilaksanakan dalam periode bulan yang sama

Tata Cara Perekaman
- Pilih kode BMN dan NUP BMN yang salah kodefikasinya
- Tanggal buku diisi sesuai dokumen sumber atau pada periode bulan yang masih buka

Kriteria yang wajib diperhatikan
Perlakuan transaksi pada Aplikasi SAKTI:
1. MenuRUH >> Transaksi BMN >> Penghapusan >> Reklasifikasi Keluar: untuk mengeluarkan BMN yang salah penggolongan/kodefikasi
2. Menu RUH >> Transaksi BMN >> Perolehan >> Reklasifikasi Masuk: untuk merekam BMN masuk dengan memilih kodefikasi BMN yang benar atau yang seharusnya

Jurnal yang Terbentuk
(D)391151 Koreksi Atas Reklasifikasi Persediaan/Aset Tetap/Aset Lainnya
(K)Aset Tetap
(D)Akumulasi Penyusutan
(K)391151 Koreksi Atas Reklasifikasi Persediaan/Aset Tetap/Aset Lainnya
(D)Akumulasi Penyusutan
(K)Beban Penyusutan

Ilustrasi Transaksi
Operator Modul Aset Tetap (MAT) terlanjur melakukan kesalahan perekaman kodefikasi BMN dan telah disetujui pendetailan BMN sebagai Sepeda Motor, padahl seharusnya memilih kodefikasi BMN sebagai Scooter.
Atas kesalahan di atas, operator MAT membuat transaksi reklasifikasi keluar atas BMN Sepeda Motor. Setelah transaksi reklasifikasi keluar ini dilakukan persetujuan oleh approver, maka perlu dilanjutkan dengan melakukan perekaman transaksi reklasifikasi masuk dengan memilih jenis BMN yang seharusnya yaitu Scooter.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar