[Kamus SAKTI] Perubahan Kuantitas Aset Tetap

Perubahan Kuantitas Aset Tetap (201)

Menu ini digunakan untuk koreksi atas kesalahan perekaman kuantitas BMN tertentu, misalnya luas tanah, luas gedung dan bangunan, luas jalan, irigasi dan jembatan, dan sebagainya.
Menu ini bukan digunakan untuk koreksi jumlah NUP BMN, tetapi melakukan koreksi kuantitas satuan BMN, misalnya luasnya, dll.
Ilustrasi :
Operator MAT pada Satker KPPN Pekalongan salah merekam luas tanah bangunan kantor, semula dicatat luas tanah 3.500 M2, padahal seharusnya luas tanah adalah 4.000 M2. Maka perlu dilakukan koreksi pencatatan sebesar penambahannya yaitu 500 M2.

Nama Menu
RUH > Transaksi BMN > Perubahan > Perubahan Kuantitas

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk koreksi atas kesalahan perekaman kuantitas BMN tertentu, misalnya luas tanah, luas gedung dan bangunan, luas jalan, irigasi dan jembatan, dll.
Menu ini bukan digunakan untuk melakukan koreksi jumlah NUP BMN, tetapi melakukan koreksi kuantitas satuan BMN, misalnya luasnya, dll.

Dokumen Sumber
Surat Keterangan Perbaikan Pencatatan Laporan Barang Milik Negara yang ditandatangani KPB

Validasi
Menu ini tidak dapat diterapkan pada semua kodefikasi BMN, tetapi hanya dapat digunakan untuk BMN tertentu, misalnya tanah, jalan, irigasi, dan jembatan, dll.

Tata Cara Perekaman
- Pada Rincian Kapitalisasi, pilih salah satu pilihan yaitu Berkurang atau Bertambah
- Isikan kolom Perubahan Kuantitas sebesar penambahan atau pengurangan kuantitas (bukan sebesar kuantitas menjadinya), misalnya semula luas tanah 3500m2 padahal seharusnya 4000m2, maka kolom Perubahan diisi seebsar penambahan yaitu 500m2
- Tanggal Perolehan dan pembukuan diisi sesuai dengan dokumen sumber atau pada periode bulan yang masih buka

Jurnal yang Terbentuk
Tidak Ada Jurnal

Ilustrasi Transaksi
Operator MAT pada Satker KPPN Pekalongan salah merekam luas tanah bangunan kantor, semula dicatat luas tanah 3.500m2, padahal seharusnya luas tanah adalha 4000m2. Maka perlu dilakukan koreksi pencatatan sebesar penambahannya yaitu 500m2.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar