[Kamus SAKTI] Batal Transfer Keluar Online Aset Tetap

Batal Transfer Keluar Online Aset Tetap

Nama Menu
RUH > Transaksi BMN > Perolehan > Batal Transfer Keluar Online

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk mencatat batal atas transaksi Transfer Keluar (baik TK Barang Aktif, TK Henti Guna, maupun TK ATR) kepada sesama pengguna Aplikasi SAKTI, yang transaksi Transfer Keluar dimaksud telah dilakukan persetujuan oleh approver, selama belu dilakukan transaksi rekam Transfer Masuk Online oleh Satker tujuan/penerima BMN.
Apabila transaksi Transfer Keluar telah ditindaklanjuti dengan rekam Transfer Masuk oleh Satker tujuan/penerima BMN, maka tidak dapat dilakukan batal transfer keluar.
Apabila TK telah ditindaklanjuti dengan rekam TM oleh Satker tujuan, dan tetap akan dilakukan Batal Transfer Keluarnya, maka transaksi TM di Satker tujuan harus dilakukan hapus transaksi terlebih dahulu.

Validasi
- Transaksi Transfer Keluar kepada Satker sesama pengguna SAKTI telah disetujui oleh Approver
- Transaksi Transfer Keluar belum ditindaklanjuti dengan rekam Transfer Masuk Online oleh Satker tujuan/penerima BMN

Tata Cara Perekaman
- Pilih dan Centang transaksi Transfer Keluar yang akan dibatalkan
- Klik Batal Transfer

Jurnal yang Terbentuk
(D) Aset Tetap
(K) Transfer Keluar
(D) Transfer Keluar
(K) Akumulasi Penyusutan

Ilustrasi Transaksi
Operator Modul Aset Tetap (MAT) telah menyelesaikan transaksi Transfer Keluar (Barang Aktif) dan telah dilakukan persetujuan oleh approver. Setelah dicek kembali ternyata terdapat kesalahan NUP BMN yang telah direkam sebagai Transfer Keluar, sehingga perlu dilakukan pembatalan transaksi Transfer Keluar, sehingga perlu dilakukan pembatalan transaksi Transfer Keluar. Maka operator dapat menggunakan menu Batal Transfer Keluar Online atas NUP yang salah tersebut.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar