[Kamus SAKTI] Reklasifikasi dari Aset

Reklasifikasi dari Aset

Sub menu Transaksi Reklasifikasi dari aset tetap ini adalah sub menu yang digunakan untuk mengubah klasifikasi barang yang sebelumnya sudah terlanjur diklasifikasikan (didetilkan) sebagai barang persediaan tertentu diubah menjadi klasifikasi barang persediaan yang lain. Menu ini harus digunakan secara bersamaan dengan menu reklasifikasi keluarnya ke persediaan dalam periode yang sama.
Nama Menu
Transaksi Masuk > Reklasifikasi dari Aset

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk merekam perolehan barang persediaan yang sebelumnya dikodefikasikan sebagai aset/BMN lalu diubah menjadi jenis atau kode barang persediaan.

Modul dan Transaksi yang terkait
Modul Aset harus telah melakukan persetujuan atas transaksi Reklas Keluar Persediaan.

Dokumen Sumber
BAST Reklasifikasi.

Validasi
- Modul Aset harus sudah melakukan persetujuan atas transaksi Reklas Keluar Persediaan
- Transaksi Reklas Keluar Persediaan (di Modul Aset) dan Reklasifikasi dari Aset (di Modul Persediaan) harus dibukukan dalam bulan yang sama.
- Tutup buku bulan bersangkutan tidak dapat dilakukan apabila sudah direkam/disetujui transaksi Reklas Keluar Persediaan tetapi belum disetujui transaksi Reklasifikasi dari Aset.
- Validasi urutan tanggal transaksi atas barang yang sejenis (tidak bisa sisip tanggal transaksi)
- Sudah tutup buku Modul Persediaan periode sebelumnya.

Tata Cara Perekaman
- Pilih transaksi Reklasifikasi Keluar yang telah disetujui.
- Tanggal buku diisikan pada bulan yang sama dengan tanggal buku transaksi Reklasifikasi Keluar.

Kriteria yang wajib diperhatikan
- Transaksi Reklasifikasi Masuk merupakan pasangan dari transaksi Reklasifikasi Keluar, sehingga apabila terdapat transaksi Reklasifikasi Keluar, maka harus direkam transaksi Reklasifikasi Masuk pada bulan yang sama.
- Demikian juga untuk dapat merekam transaksi Reklasifikasi Masuk, maka diperlukan terlebih dahulu persetujuan atas transaksi Reklasifikasi Keluar Persediaan.

Jurnal yang Terbentuk
(D) Barang Persediaan
(K) Pendapatan Penyesuaian Barang Persediaan

Ilustrasi Transaksi
Jika Satker sempat salah memilih kode barang ke Aset Tetap, bisa diperbaiki dengan cara mengubah kode barang dengan merekam transaksi Reklasifikasi Keluar ke Persediaan dan Operator Persediaan merekam reklas masuk dari Aset Tetap.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar