Aplikasi CaLK (Catatan atas Laporan Keuangan) Satuan Kerja Instansi Pusat - Excel Based (Updated 14 Des 2020)

Aplikasi CaLK (Catatan atas Laporan Keuangan) dapat mempermudah penyusunan CaLK untuk Satker Instansi Pusat (APBN)

  1. Penyusunan Laporan Keuangan tingkat UAKPA, UAPPA-W, UAPPA-Es1 dan UAPA disusun sesuai format Laporan Keuangan sebagaimana tersebut dalam Bab IV Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.05/2016.
  2. Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Necara, Laporan Operasional (LO) dan Laporan Perubahan Ekuitas (LPE) saat ini dapat dicetak melalui Aplikasi E-Rekon dan LK, sedangkan Catatan Atas Laporan Keuangan (CaLK) disusun secara manual.
  3. Penyusunan CaLK yang dilakukan secara manual dengan menginput kembali angka-angka dari data e-Rekon-LK berpotensi mengakibatkan kesalahan dalam penyajian karena kesalahan dalam pengetikan. Disamping itu, selama ini penyusunan CALK membutuhkan waktu yang cukup lama, yaitu 3 (tiga) sampai dengan 7 (tujuh) hari karena harus menyajikan rincian per akun setiap pos dalam komponen laporan (face report).
  4. Berdasarkan angka 3 di atas, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan (Dit. APK) mengembangkan aplikasi sederhana, yaitu Aplikasi Penyusunan CaLK yang dilakukan tanpa menginput ulang (mengetik secara manual) data/angka.
  5. Dengan menggunakan data Neraca Percobaan Kas dan Neraca Percobaan Akrual dari SAIBA atau e-Rekon-LK serta Data Transaksi SIMAK-BMN, Aplikasi Penyusunan CaLK ini:
    1. mempercepat proses penyusunan laporan keuangan dengan estimasi waktu sekitar 2 (dua) sampai 3 (tiga) jam dari semula 3 --7 hari.
    2. mewujudkan semangat simplifikasi dan efisiensi serta dapat mengurangi kesalahan penginputan data (human error) dalam laporan keuangan.
    3. Menghasilkan cetakan dari aplikasi sesuai dengan format sesuai Peraturan Menteri Keuangan Nomor 222/PMK.05/2016 dan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) Nomor 04 tentang Catatan Atas Laporan Keuangan.
    4. telah dilengkapi dengan buku panduan penggunaan (manual book) sehingga memudahkan pengguna (user) dalam pengoperasiannya.
  6. Aplikasi ini dapat menjadi pilihan sebagai alat bantu dalam penyusunan Catatan atas Laporan Keuangan oleh Kementerian/Lembaga (KIL) dalam penyusunan laporan keuangan untuk tingkat satuan kerja dan dapat diunduh di link berikut

    Download:
    Unduh Aplikasi CaLK Excel/button/download/red ((updated 14 Des 2020)) Unduh Aplikasi CaLK Excel/button/download/red ((updated Kode Akun SAKTI per November 2022))

Surat nomor 14/PB.6/2020 Tanggal 4 Februari 2020:
Surat Nomor 14/button/link/red

Posting Komentar

15 Komentar

  1. maaf mas/mbak admin, Apakah format ini untuk satker BLU juga? tks

    BalasHapus
  2. maaf pak untuk LRA tidak terkoneksi dg data neraca percobaan sehingga data pagu-realisasi TB-TS tidak muncul. untuk menu detail pendapatan juga tidak dapat terkoneksi (mungkin rumusnya miss, tp karena di protect saya tidak dapat mencari tahu), untuk detail belanja LRA ada miss rumus nominal yg seharusnya di kolom H tertulis di kolom J sehingga data tidak tersambung. selebihnya saya ucapkan banyak terima kasih atas aplikasi CaLKnya yg sangat memudahkan penyusunan LK & CaLK 2020 karena sudah terupdate dengan akun covid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan angka di excel sblm dicopy ke aplikasi itu tidak pakai .() atau (,)
      block semua dalam kolom debit kredit dan klik general di toolbar atas dekat ikon %. kode transaksi pastikan hanya 0/20/30/31. tidak pakai (,) ataupun (.). barulah dicopypastekan ke aplikasi.
      Cuma klo saya kendalanya beban persediaan dkk di LO ga muncul. cm Beban Pegawai aja yang mengakibatkan LPE jg berbeda. Mohon bantuan Bapak Admin

      Hapus
  3. mau tanya kenapa neraca tahun sebelumnya tidak bisa terinput ya? yang ada hanya yang tahun berjalan

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya juga mengalami kendala seperti itu

      Hapus
    2. input di neraca percobaan akrual audited. Dengan angka tahun sebelumny

      Hapus
  4. Sepertinya belum memperhitungkan pengembalian pendapatan pajak ya?

    BalasHapus
  5. izin menyampaikan dan bertanya, jumlah pendapatan di analisis LK pada bagian LRA tidak sesuai, sepertinya salah dalam penjumlahan pendapatan pajak dan pnbp.

    dan LPE saya beda dengan LPE cetakan erekon ? apakah ada yang salah :)

    overall aplikasi ini sangat sangat membantu kami :)

    terima kasih, sehat selalu

    BalasHapus
  6. apakah transaksi yang tidak ada nilainya harus dijelaskan juga atau bisa dihilangkan? misalnya belanja bansos dll

    BalasHapus
  7. aplikasinya di protex ya, soale mau buka gak bisa

    BalasHapus
  8. maaf mau nanya apa ada yang tau.. kalau seandainya kita buat calk per tri wulan ke tiga katakanlah per september 2021, neraca percobaan tahun sebelumnya yang diinput apakah bulan september 2020 ataukah desember 2020??

    BalasHapus
  9. beban di LO, hanya bisa untuk beban pegawai. Bagaimana langkah yang benar agar semua beban muncul?

    BalasHapus
  10. Maaf mau tanya, untuk menampilkan pengembalian belanja di tahun berjalan kq ga terhitung y? pada sudah dimasukkan di data. sudah di cek tidak ada karakter. ada yang mengalami kayak gitu ga?

    BalasHapus
  11. maaf mohon pencerahan untuk update akun 5116 Gaji dan Tunjgan PPPk

    BalasHapus
  12. Mohon Petunjuk dan Pencerahannya dalam tahap peng inputan yang benar?? Terimakasih sebelunnya

    BalasHapus