[Kamus SAKTI] Tutup Periode Persediaan

Tutup Periode Persediaan

Tutup Periode Persediaan merupakan salah satu proses yang penting di modul persediaan. Selain untuk menjaga transaksi agar tidak terjadi salah periode, juga untuk menyusun saldo akhir (Periode Balance) persediaan per periode. Informasi Periode Balance ini digunakan pada saat pengiriman data persediaan ke Aset Tetap dan untuk bahan rekonsiliasi dengan modul GLP.
User Role yang dapat melakukan Tutup Periode Persediaan adalah Approver UAKPB atau Approver UAPKPB.
Catatan Penting:
Sebelum melakukan persetujuan atau melakukan transaksi persediaan, perlu dilakukan Tutup Buku periode sebelumnya. Tutup buku persediaan bisa dibuka dengan cara membuka tutup sementara modul GLP di periode yang sama
Nama Menu
Tutup Buku > Tutup Periode Persediaan

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk menutup semua transaksi persediaan sehingga tidak dapat dilakukan perekaman pada bulan bersangkutan dan membentuk saldo akhir persediaan (periode balance) pada setiap bulan.
Informasi periode balance ini digunakan pada untuk pengiriman data persediaan ke Modul Aset Tetap dan untuk bahan rekonsiliasi internal dengan Modul GLP.

Validasi
- Proses tutup buku hanya dapat dilakukan oleh user approver
- Tutup buku dapat dilakukan apabila semua transaksi pada bulan berkenaan telah disetujui oleh user approver, sehingga tidak boleh ada transaksi yang pending
- Tutup buku sampai bulan sebelumnya harus sudah dilakukan agar dapat melakukan perekaman dan persetujuan transaksi pada bulan berkenaan.
Misalnya, operator akan melakukan perekaman transaksi dengan tanggal buku 17 Agustus 2019, maka Modul Persediaan harus sudah ditutup buku sampai dengan bulan sebelumnya yaitu bulan Juli 2019.
- Apabila bulan berkenaan telah dilakukan tutup buku, maka Modul Persediaan tidak dapat menambahkan/mengubah/menghapus transaksi pada bulan yang telah ditutup buku
- Modul Persediaan dapat dilakukan buka kembali oleh Modul GLP yaitu ketika Modul GLP melakukan buka periode, maka Modul Persediaan akan ikut terbuka.

Tata Cara Perekaman
Ketika klik Rekam, maka akan muncul otomatis periode bulan yang akan ditutup

Jurnal yang Terbentuk
Tidak ada jurnal

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar