[Kamus SAKTI] Mengelola Barang Persediaan

Mengelola Barang Persediaan

Nama Menu
Referensi > Mengelola Barang Persediaank

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk mengelola barang persediaan, yaitu merekam, mengubah, atau menghapus referensi kode dan nama barang persediaan.

Validasi
- Untuk perekaman barang persediaan hanya dilakukan oleh Satker Induk (UAKPB). Sedangkan referensi barang persediaan pada Satker Anak (UAKPBP) menggunakan referensi yang telah direkam oleh Satker Induk.
- Referensi barang persediaan yang telah digunakan untuk transaksi tidak dapat dilakukan hapus
- Referensi jenis barang (6 digit terakhir) dapat dilakukan perubahan oleh user jika akan disesuaikan dengan urutan jenis barang di Satker tersebut atau membedakan dengan jenis barang antara Satker Induk dan Satker Pembantu.

Tata Cara Perekaman
- Pilih sub-sub kelompok yang sesuai dan rekam deskripsi yang jelas
- Lakukan perekaman satuan sesuai dengan kondisi seharusnya

Kriteria yang wajib diperhatikan
- Untuk jenis barang persediaan yang sama tetapi memiliki satuan yang berbeda, agar dilakukan perekaman referensi barang persediaan tersendiri
- Untuk jenis barang persediaan yang sama tetapi memiliki harga satuan yang berbeda, agar dilakukan perekaman referensi barang persediaan tersendiri
- Untuk jenis barang persediaan yang sama tetapi memiliki kualitas yang berbeda, agar dilakukan perekaman referensi barang persediaan tersendiri
- Untuk jenis barang persediaan yang sama antara Satker Induk dan Satker Pembantu, agar dibedakan referensi jenis barangnya (6 digit terakhir)

Jurnal yang Terbentuk
Tidak ada jurnal

Ilustrasi Transaksi
Perekaman referensi barang persedian jika ada kode barang persediaan baru yang belum pernah diinput di modul Persediaan SAKTI.


Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar