[Kamus SAKTI] Perolehan Lainnya

Perolehan Lainnya (M06)

Menu ini digunakan untuk mencatat persediaan Tahun Anggaran Berjalan yang tidak berasal dari Saldo Awal, Pembelian APBN, Transfer Masuk, Hibah, Rampasan, dan Reklasifikasi Masuk. Menu Perolehan Lainnya tidak perlu didahului kuitansi/BAST. Menu ini dapat digunakan juga untuk melakukan koreksi transaksi tertentu yang tidak tersedia menunya di Persediaan Masuk dengan penanganan jurnal manual.
Contoh pemakaian menu ini secara umum:
  • Pencatatan aset biologis seperti hewan, ikan, dan tanaman untuk dijual/diserahkan ke masyarakat/Pemda hasil pengembangbiakan.
  • Barang-barang hasil gratifikasi yang sudah dilaporkan/diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan ditetapkan akan dijual.
  • Perolehan barang persediaan dari hadiah/undian berhadiah.

Contoh pemakaian menu ini untuk kebutuhan koreksi administrasi:
Transaksi pembelian TAB yang secara substansi seharusnya menghasilkan persediaan namun saat membuat kuitansi/BAST tidak memilih kode barang
Jurnal Transaksi Rampasan
: Dr 117111 Persediaan Lainnya
Cr 491429 Pendapatan Perolehan Aset Lainnya
Nama Menu
Transaksi Masuk > Perolehan Lainnya

Deskripsi Menu
Menu ini digunakan untuk merekam perolehan barang persediaan pada tahun anggaran berjalan yang tidak berasal dari Saldo Awal, Pembelian APBN, Transfer Masuk, Hibah, Rampasan, dan Reklasifikasi Masuk.

Validasi
-Validasi urutan tanggal transaksi atas barang yang sejenis (tidak bisa sisip tanggal transaksi)
- Sudah tutup buku Modul Persediaan periode sebelumnya.

Tata Cara Perekaman
Tanggal buku diisi sesuai dengan dokumen sumber

Kriteria yang wajib diperhatikan
- Contoh pemakaian menu Perolehan Lainnya antara lain:
1. Pencatatan hewan, ikan, dan tanamanan untuk dijual/diserahkan ke masyarakat/Pemda hasil pengembangbiakan
2. Barang-barang hasil gratifikasi yang sudah dilaporkan/diserahkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan ditetapkan akan dijual
3. Perolehan barang persediaan dari hadiah/undiang berhadiah
- Penggunaan menu Perolehan Lainnya diluar yang seharusnya sesuai contoh diatas, misalnya karena kesalahan memilih jasa pada saat merekam kuitansi atau BAST, maka akan terbentuk saldo akun Pendapatan Perolehan Aset Lainnya dan perlu dilakukan jurnal manual dengan berpedoman pada petunjuk teknis koreksi.

Jurnal yang Terbentuk
(D) Barang Persediaan
(K) Pendapatan Perolehan Aset Lainnyabr />

Ilustrasi Transaksi
Menu ini digunakan untuk menginput perolehan barang persediaan selain dari pembelian, Transfer, Hibah, Rampasan. Biasanya untuk menginput transaksi yang berasal dari hadiah atau terkait dengan koreksi atas kesalahan tidak memilih barang persediaan di kuitansi/BAST.

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar