Penjelasan Tata Cara Pelaksanaan Akun Kegiatan Bantuan Hukum


JenisSurat
Penerbit Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb)
Nomor S-246/PB.2/2022
Kepada Yth. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI
Perihal Penjelasan Tata Cara Pelaksanaan Akun Kegiatan Bantuan Hukum
Isi
Yth. Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI

Terlampir Surat Direktur Pelaksanaan Anggaran nomor S-246/PB.2/2022 tanggal 03 Oktober 2022 hal Penjelasan Tata Cara Pelaksanaan Akun Kegiatan Bantuan Hukum.
Sesuai Surat tersebut, dapat ditegaskan bahwa:

1. Sesuai dengan KEP-331/PB/2021 tentang Kodefikasi Segmen Akun pada Bagan Akun Standar, bahwa akun Belanja Jasa Konsultan (522131) digunakan untuk pembayaran jasa konsultan secara kontraktual termasuk jasa pengacara yang outputnya tidak menghasilkan Aset Lainnya;

2. Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah, kontrak pengadaan barang/jasa yang selanjutnya disebut Kontrak adalah perjanjian tertulis antara PA/KPA/PPK dengan Penyedia atau pelaksana Swakelola.

3. Klausul "secara kontraktual" pada poin 1 untuk menegaskan bahwa pengadaan jasa konsultan/pengacara memerlukan komitmen berupa kontrak.

4. Pada dasarnya, setiap pengadaan barang/jasa pemerintah memerlukan komitmen dalam bentuk kontrak, namun tidak semua pembayaran kontrak melalui mekanisme SPM-LS Kontraktual, mengingat nilai dan sifat kontraknya yang dapat dibayarkan secara sekaligus (tanpa melalui termin dan/atau tidak diperlukan pencadangan dana selama jangka waktu dimulainya pekerjaan hingga barang/jasa diterima dan dibayarkan).

5. Adanya perubahan akun bantuan hukum yang semula menggunakan akun 521219 menjadi 522131 tidak merubah mekanisme pembayaran dan/atau proses pencairan dana di KPPN yang selama ini telah dilaksanakan.

Selanjutnya kami mohon bantuan Bapak dan Ibu untuk dapat menggunakan Surat terkait sebagaimana mestinya.

Unduh Surat Surat S-246/download/button/red 

Posting Komentar

0 Komentar