[Kamus SAKTI] Saldo Awal Persediaan

Saldo Awal (M01)

Menu ini digunakan untuk merekam transaksi persediaan yang diperoleh sebelum Tahun Anggaran Berjalan, yang belum sempat dibukukan pada Tahun Anggaran Yang Lalu dikarenakan alasan tertentu. Tanggal perolehan Saldo Awal adalah tahun sebelumnya.
Contoh:
Terdapat Pembelian kertas HVS TAYL pada tanggal 1 Desember 2018, karena suatu hal transaksi tersebut belum dicatat pada tahun 2018, Maka pada Modul Persediaan dibukukan pada menu Saldo Awal dengan tanggal dokumen perolehan 1 Desember 2018 dan tanggal buku TAB 2019.

Menu
Transaksi Masuk > Saldo Awal
Menu ini digunakan untuk menginput persediaan yang diperoleh sebelum Tahun Anggaran Berjalan, yang belum dibukukan pada Modul Persediaan, baik diperoleh dengan pembelian, transfer masuk, rampasan, perolehan lainnya, ataupun reklasifikasi masuk. Pencatatan Transaksi ini dibuktikan dengan dokumen sumber persediaan masuk dengan tanggal dokumen tahun anggaran yang lalu dan tanggal buku tahun anggaran berjalan.

Dokumen Sumber
Kuitansi, BAST Kontraktual dan Non Kontraktual, dan berita acara perekaman saldo awal.

Kriteria yang wajib diperhatikan
Perekaman transaksi harus diakukan secara urut berdasarkan kronologis urutan kejadian dan tidak dapat dilakukan sisip tanggal transaksi

Jurnal
(D) Barang Persediaan
(K) Koreksi Nilai Aset tetap non revaluasi

Sumber:

Posting Komentar

0 Komentar