Akuntansi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, serta Pentingnya dalam Bisnis

Akuntansi: Pengertian, Tujuan, Fungsi, Jenis, serta Pentingnya dalam Bisnis

Oleh: Kholida Qothrunnada
detikFinance

Pengertian

Akuntansi adalah suatu proses pencatatan transaksi keuangan, yang akan menghasilkan laporan keuangan yang dibutuhkan oleh berbagai pihak.

Pihak yang dimaksud adalah pihak berkepentingan dalam setiap organisasi, maupun perusahaan baik dalam masyarakat maupun pemerintah.

Apa yg dimaksud dengan akuntansi? Dikutip dari Modul Teknisi Akuntansi Dalam Jaringan terbitan Kemdikbud, Akuntansi adalah seni dalam mengukur, berkomunikasi, dan menginterpretasikan aktivitas keuangan.

Profesi akuntan adalah seseorang yang bekerja di semua bidang yang mempergunakan keahlian akuntansi. Pekerjaan akuntan dapat digolongkan sebagai, akuntan publik, internal, pemerintah dan pendidik.

Seorang akuntan perlu memakai prinsip akuntansi. Prinsip dasar akuntansi adalah hal penting yang perlu diterapkan dalam semua proses pembuatan sebuah laporan keuangan.

Berikut adalah beberapa pengertian akuntansi yang dikemukakan oleh beberapa ahli maupun lembaga:
  • Weygandt, Kimmel, dan Kieso
    Akuntansi merupakan kegiatan yang terdiri dari identifikasi, pencatatan, dan pengkomunikasian kejadian ekonomi suatu organisasi kepada pihak yang berkepentingan.
  • American Institute of Certified Public Accountans (AICPA)
    Akuntansi merupakan suatu seni pencatatan, penggolongan, dan peringkasan yang tepat dinyatakan dalam uang, transaksi-transaksi, dan kejadian-kejadian bersifat finansial.
  • American Accounting Association (AAA)
    Akuntansi adalah proses pengindentifikasian, pengukuran, dan pelaporan informasi ekonomi, yang memungkinkan adanya penilaian dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh mereka yang menggunakan informasi keuangan tersebut.

Tujuan Akuntansi

Akuntansi bertujuan untuk menyiapkan suatu laporan keuangan yang akurat, agar dapat dimanfaatkan oleh para manajer, pengambil kebijakan, dan pihak berkepentingan lainnya, seperti pemegang saham, kreditur, atau pemilik.

Fungsi Akuntansi

Dikutip dari e-Modul Ekonomi Kemdikbud karya Ratna Suzana, SE. M.Si, informasi akuntansi disajikan dalam bentuk laporan keuangan. Fungsi Akuntansi adalah sebagai berikut:
  • Sebagai alat perencanaan
    Akuntansi berfungsi alat perencanaan untuk pengendalian berbagai kegiatan perusahaan, sekaligus dasar pembuatan keputusan bagi para pimpinan.
  • Sebagai laporan
    Fungsi akuntansi adalah sebagai laporan yang dapat dipertanggungjawabkan kepada pihak di luar maupun dalam organisasi/perusahaan.

Jenis Akuntansi

Jenis dan bidang spesialisasi Akuntansi adalah sebagai berikut:
  • Akuntansi Keuangan atau Akuntansi Umum (Financial Accounting)
  • Akuntansi Manajemen (Management Accounting)
  • Akuntansi Biaya (Cost Accounting)
  • Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)
  • Akuntansi Perpajakan (Tax Accounting)
  • Akuntansi Anggaran (Budgeting)
  • Sistem Akuntansi (Accounting System)
  • Akuntansi Pemerintahan (Government Accounting)

Pentingnya Akuntansi dalam Bisnis

Secara luas, akuntansi juga dikenal sebagai "bahasa bisnis". Tidak ada satupun organisasi atau perusahaan yang tidak membutuhkan ilmu Akuntansi, terutama dalam lingkup bisnis. Pentingnya Akuntansi dalam bisnis karena memiliki manfaat bisa dijadikan untuk mengendalikan efisiensi (mencegah pemborosan).

Tulisan ini telah diterbitkan di link detikFinance.

Posting Komentar

0 Komentar