[Bahan] Keterkaitan Opini BPK atas LKPD Terhadap Kinerja Daerah

Keterkaitan Status Opini BPK atas Laporan Keuangan Daerah Terhadap Kinerja Sosial Ekonomi Daerah

Tulisan ini diterbitkan oleh PT Sarana Multi Infrastruktur dalam buletin Monthly Economic Update 26th Edition October 2021

Executive Summary
  • Status Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Daerah (LKPD) diduga berkaitan erat dengan kinerja sosial ekonomi daerah.
  • Selama tahun 2015 sampai dengan tahun 2019, jumlah kota/kabupaten yang laporan keuangannya berstatus Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terus mengalami peningkatan.
  • Kalau dibagi daerahnya menjadi Jawa dan luar Jawa, persentase jumlah kabupaten/kota yang berstatus opini WTP di Jawa lebih besar dibandingkan dengan luar Jawa.
  • Berdasarkan estimasi dengan menggunakan metode panel data untuk 507 kabupaten/kota di Indonesia ditemukan bahwa daerah yang memiliki status opini WTP memiliki kinerja sosial ekonomi lebih baik dibandingkan dengan daerah dengan status opini BPK yang lebih rendah.
  • Ketika daerah dibagi menjadi Jawa dan luar Jawa, hasil estimasi tetap robust dimana daerah dengan status opini BPK yang baik memiliki kinerja sosial ekonomi yang juga lebih baik.

Posting Komentar

0 Komentar